Panitera PA Ponorogo: “Mari kita kerja tulus dan All Out”
www.pa-ponorogo.go.id || Selasa, 27/06/2023. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pengadilan Agama Ponorogo kembali mengadakan evaluasi bagi petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Kegiatan ini berlangsung di ruang tunggu PTSP PA Ponorogo. Monev ini dipimpin langsung oleh Panitera Pengadilan Agama Ponorogo, Bapak Moh. Daroini, S.H., M.H. didampingi oleh Para Panitera Muda. Seluruh petugas PTSP hadir dalam agenda tersebut. Dalam kesempatan tersebut, terdapat beberapa poin utama yang diangkat.
Di antaranya adalah Kepuasan masyarakat harus menjadi prioritas dalam memberikan pelayanan. Selain itu, integritas harus tetap senantiasa diujunjung, salah satunya dengan menolak segala bentuk suap dan gratifikasi yang coba dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Selain itu, Panitera PA Ponorogo juga mengajak agar seluruh tugas dan pekerjaan didasari dengan niat untuk beribadah, agar tidak terasa berat dan bernilai pahala. “Kita harus sadar betul, bahwa pelayanan sejatinya adalah meringankan beban sesama.
Maka, mari kita bekerja dengan niat ibadah, tulus dan All out”, ujar Panitera Pengadilan Agama Ponorogo. Hal ini karena, kepuasa masyarakat akan meningkat apabila merasakan pelayanan yang tulus dan all out dari para petugas PTSP. Oleh karena itu, PTSP sebagai wajahnya pengadilan bagi para pihak pencari keadilan. Bekerja dengan pola pikir yang cerdas dan cepat untuk dapat memaksilkan hasil dari pelayanan kepada masyarakat yaitu kepuasan atas pelayanan itu sendiri. Beberapa poin yang menjadi evaluasi selama triwulan kedua pada tahun ini adalah, pendistribusian berkas oleh petugas selepas sidang harus ditinggkatkan kecepatan dan ketepatannya.
Selain itu, Panitera juga mengingatkan agar petugas dapat saling back up satu sama lain, apabila petugas lain sedang berhalangan hadir atau ada tugas luar. Ia juga menambahkan, keraphan tempat kerja harus lebih ditingkatkan. Panitera Muda Gugatan, Syarif Nurul Huda, S.Ag., dalam momentum tersebut juga mengingatkan agar pola kerja dan pelayanan yang ditampilkan mencerminkan PA Ponorogo sebagai pengadilan dengan kelas I A. “Mari teman-teman PTSP, kita sudah naik kelas menjadi I A. Maka, seyogyanya pelayanan dan keramahan kita juga kita tingkatkan”, ujar Panitera Muda Gugatan. (GLZ)