logo6

enarid
Assalamu'alaikum, Wr. Wb. || Selamat Datang di situs resmi Pengadilan Agama Ponorogo || Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi || Tidak Korupsi, Tanpa Gratifikasi, Bebas Pungli, Pengadilan Agama Ponorogo Siap Melayani Dengan Ikhlas Sepenuh Hati, Wassalamu'alaikum, Wr. Wb

Tata Tertib Persidangan

Tata tertib Persidangan berdasarkan PERMA Nomor 6 Tahun 2020 tentang Protokol Persidangan dan Keamanan Dalam Lingkungan Peradilan
Tata Tertib Persidangan

Program Prioritas Badilag

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan program prioritas Tahun 2024 menuju peradilan agama modern berkelas dunia
Program Prioritas Badilag

Pencanangan Zona Integritas

Video pencanangan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Ponorogo. Adalah upaya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia - “Berani LAPOR! Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik”
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Pendaftaran Melalui E-court

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
Pendaftaran Melalui E-court

siwasAplikasi untuk melaporkan indikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung RI atau Peradilan dibawahnya.

sippMelalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan dan riwayat perkara.

biaya perkaraEstimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak berperkara dalam proses penyelesaian perkara dan RADIUS Perkara.

dirputSistem berbasis web yang dimiliki Mahkamah Agung untuk mempublikasikan putusan Pengadilan Agama Ponorogo.

gugatan mandiriPelayanan mudah, cepat, biaya ringan, Pengadilan Agama menyediakan Pembuatan Gugatan / Permohonan mandiri.

  • Hari Pahlawan
  • Ketua MA new
  • HUT RI 79
  • HUT MA 79 fix
  • Kawasan ZI newxx
  • e court
  • Posbakum
  • Prodeo
  • STOP Calo

on . Dilihat: 14

Ketua PA Ponorogo Tegaskan Optimalisasi Pelayanan Publik

 

www.pa-ponorogo.go.id || Rabu, 13/11/2024. Bertempat di Ruang Sidang Utama, Ketua PA Ponorogo Drs. Sumarwan, MH., memberikan arahan dan pembinaan. Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat, Pengadilan Agama Ponorogo melakukan pembaharuan pada aplikasi antrian sidang. Aplikasi yang diperbarui meliputi antrian untuk layanan bagi pihak berperkara dan antrian layanan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP. Ketua PA Ponorogo mengatakan “Sebagaimana diketahui, selain persidangan, Pengadilan Agama Ponorogo juga memberikan pelayanan lainnya yang terhimpun dalam loket-loket di PTSP, seperti loket 1 untuk layanan pendaftaran perkara, loket 2 untuk layanan e-court dan e-litigasi, loket 3 untuk layanan pembayaran biaya, loket 4 untuk layanan penyerahan produk pengadilan dan loket 5 untuk layanan permohonan informasi dan pengaduan”.

Ditemui dalam kesempatan yang sama oleh Tim Media PINTAR, Panitera PA Ponorogo Widdodo S, SHI., MH., menjelaskan bahwa Sistem antrian yang baik, menjadi salah satu variabel vital bagi terselenggaranya pelayanan yang prima. Sistem antrian dapat berpengaruh pada kelancaran seluruh rangkaian pelayanan, sebab ia berada pada tahap pertama sebuah layanan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Panitera Pengadilan Agama Ponorogo di sela-sela meninjau persiapan aplikasi antrian yang sidang yang baru. Widdodo S, SHI., MH., berharap “Pembaruan ini sebagai kiat kita untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Perlu kita sadari, sesungguhnya sistem antrian merupakan hal yang penting dan strategis dalam pelayanan.”, ujar beliau.

Pada aplikasi antrian layanan yang baru, terdapat beberapa keunggulan dibanding dengan yang sebelumnya. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  1. 1.Suara Panggilan yang Multilingual

Berbeda dengan aplikasi antrian sebelumnya yang suara panggilannya hanya menggunakan bahasa Indonesia, kini panggilan antrian layanan dapat diatur dalam beragai bahasa, seperti Bahasa Arab, Inggris, Prancis, Thailand, Mandarin hingga Rusia. Fitur ini dihadirkan bertujuan agar pelayanan dapat mengakomodasi pengguna layanan atau pihak berperkara dari warga negara asing sehingga semakin memantapkan komitmen pelayanan yang non diskriminatif.

  1. 1.Antri secara Online

Selain suara panggilan yang dapat diatur dalam berbagai bahasa, fitur pada aplikasi antrian layanan yang baru juga memungkinkan masyarakat pengguna layanan untuk mengantri secara online. Caranya, pengguna layanan hanya perlu mengirim pesan melalui nomor whatsapp khusus dengan format pesan #nomorperkara(g)atau(p)tahun contohnya #000g23. Selanjutnya sistem akan memasukkan identitas dan nomor perkara tersebut ke dalam antrian dan membalas secara otomatis berupa informasi nomor antrian, nomor perkara dan barcode. Nantinya, setibanya di PTSP, pengguna layanan menunjukkan pesan whatsapp yang memuat informasi perihal antriannya, atau langsung dapat scan barcode yang telah dikirim menggunakan alat scan yang tersedia.

  1. 2.User Friendly

Selain kedua hal di atas, keunggulan lain pada aplikasi antran yang baru adalah karakternya yang user friendly atau mudah untuk dilakukan penyesuaian dan pengembangan oleh penggunanya. Misalnya, tim IT kantor maupun petugas layanan dapat dengan mudah memodifikasi dengan menambahkan atau mengurangi menu pada aplikasi untuk menyesuaikan kebutuhan. Selain itu, aplikasi yang terintegrasi dengan data SIPP juga semakin mempermudah petugas dalam sinkronisasi data antrian.

Mengenai aplikasi antrian layanan baru ini, beberapa pengguna layanan menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Pengadilan Agama Ponorogo. Menurutnya, pembaruan fitur-fitur pada aplikasi antrian ini, akan sangat membantu. Pengguna layanan PA Ponorogo berharap PA Ponorogo dapat terus mengembangkan lini-lini layanan lainnya agar semakin memberi kemudahan bagi masyarakat maupun pihak berperkara. PA Ponorogo siap melayani dengan PINTAR (Profesional, Inovatif, Nyaman, Transparan, Akuntabel dan Ramah). (yl)

Add comment


Security code
Refresh

  • Profil PA Ponorogo
  • Layanan E-Court
  • Layanan Disabilitas
  • Penghargaan KPPN Korwil
  • Piagam 1 E Keuangan
  • Piagam 2 Anggaran DIPA
  • Piagam 3 E Court
  • Piagam 3 Website
  • Piagam 3 Penyelesaian Perkara
  • 16. PELAKSANAAN ANGGARAN
  • 17. WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL
  • Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Semester I Tahun 2024
  • Peringkat Terbaik I Dalam Bidang Kinerja E-Keuangan di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Semester I 2024
  • Peringkat Terbaik II Dalam Bidang Kinerja Pelaksanaan Anggaran DIPA 04 di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Semester I 2024
  • Peringkat Terbaik III Dalam Bidang Kinerja E-Court Tingkat Pertama di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Semester I 2024
  • Peringkat Terbaik III Dalam Bidang Kinerja Website dan Media Sosial di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Semester I 2024
  • Peringkat Terbaik III Dalam Bidang Kinerja Penyelesaian Perkara 1.001 s.d 2.500 di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Semester I 2024
  • Peringkat Terbaik I Bidang Kinerja Pelaksanaan Anggaran di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya
  • Peringkat Terbaik II Bidang Kinerja Pemanfaatan Website dan Media Sosial di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya

   pengaduan   simari   komdanas   dirput   sikep   abs   lpse   jdih   perpustakaan