logo5

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Keluarga Besar Pengadilan Agama Ponorogo Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minal 'Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir Dan Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

7 Program Prioritas

Pengadilan Agama Ponorogo menindak lanjuti secara aktif, partisipatif dan inovatif 7 (tujuh) program prioritas yang telah ditetapkan oleh Dirjen Badilag MA-RI, yang meliputi : Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
7 Program Prioritas

Pencanangan Zona Integritas

Video pencanangan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Ponorogo. Adalah upaya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

Pendaftaran Melalui E-court

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
Pendaftaran Melalui E-court

Tutorial Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Gugatan Ekonomi Syariah

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

jadwal sidang  Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp  Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan dan riwayat perkara.

biaya perkara  Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

dirput  Sistem berbasis web yang dimiliki Mahkamah Agung untuk mempublikasikan putusan Pengadilan Agama Ponorogo.

gugatan mandiri  Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Pengadilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

  • Selamat Datang1
  • Kawasan ZI
  • siwas
  • e court
  • 9 Budaya Malu
  • Posbakum
  • Prodeo
  • STOP Calo

on . Dilihat: 375

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Berguru kepada Nabi Agung Muhammad SAW

Pada hari jum’at 08 Nopember 2019 Pengadilan Agama Ponorogo mengadakan acara peringatan maulid nabi Muhammad diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Ponorogo.

Foto 1  Foto 2

Acara ini merupakan Agenda rutin setiap tahun yang diadakan oleh Pengadilan Agama Ponorogo untuk selalu mengigat baginda Rosulullah Muhammad SAW dimulai pukul 13.00 di buka oleh Panitera Pengadilan Agama Ponorogo (Drs. Ishadi, M.H) serta membacakan susunan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu Pembukaan, Sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Ponorogo Drs. H. Asrofi, S.H.,M.H) Dalam sambutannya beliau Menekankan, agar kita mencontoh dan menauladani Akhlaq Rosulullah yang mulia dalam kehidupan sehari-hari dan dalam melaksanakan tugas dengan baik serta melayani masyarakat dengan profesional.

Foto 3

Di lanjutkan dengan Khotmil Qur’an yang dipimpin oleh Panmud Permohonan (Drs. H. MUHADJI LESTARI) dilanjutkan dengan do’a Khotmil Qur’an

Foto 4

kemudian Acara di lanjutkan dengan Thausiyah Maulid nabi yang diisi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Ponorogo (Drs. H. Abdurahman, S.H., M.H) yang mengambil tema Berguru kepada Nabi Agung Muhammad SAW merupakan nabi penutup bagi para nabi sebelumnya nabi Akhir zaman yang tidak akan ada nabi setelah beliau. Dalam isi Thaushiyah tersebut disampaikan bahwa sebelum kedatangan Nabi Muhammad SAW Jazirah Arab dikelilingi oleh Persia yang merupakan penganut Agama majusi yang mengajarkan laki-laki mengawini ibunya, anak perempuannya atau saudara perempuannya. Mereka juga bebas menggunakan harta benda dan wanita sebagai milik bersama, selain itu Romawi memiliki semangat penjajahan yang meluap-luap dan bergelut dalam persengketaan agama dengan pihak Kristen Syria dan Mesir. Mereka memodernisasi agama Kristen untuk disesuaikan dengan cita-cita penjajahannya. Negara ini hidup dengan segala kemewahan dengan melakukan pemerasan terhadap rakyat. Kenaikan pajak yang melambung tinggi merupakan suatu gejala yang biasa, Yunani merupakan Negara kuno tenggelam ke dasar lautan mitos dan dongeng yang tidak memberi manfaat sama sekali, Serta india permulaan abad keenam Masehi telah terlantar ke lembah kemerosotan agama, akhlak dan kemasyarakatan.

Jazirah Arab masa itu merupakan kawasan yang tenang dan terpencil, jauh dari gejala-gejala huru-hara di atas. Tabiat mereka seperti “bahan mentah” yang belum diolah. Mereka mempunyai kemauan yang kuat untuk menjadi manusia yang terpuji. Mereka hanya membutuhkan petunjuk yang bisa membimbing mereka ke jalan yang benar. Mereka membunuh anak perempuan karena menjaga kehormatan, membelanjakan harta untuk mendapat kemuliaan dan berperang sesama mereka dengan tujuan mempertahankan kehormatan. Inilah bangsa yang paling siap menerima Dienul Islam. Dan di kota Makah pada abad ke 15 Rasulullah berkhalwat, merenungkan keadaan masyarakatnya, berharap Allah akan menurunkan bimbingan untuk memperbaiki masyarakatnya. Sampai di suatu malam tanggal 17 Ramadhan Jibril datang menurunkan wahyu yang pertama, Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. Al-Alaq 1-5

Selanjutnya Peninggalan Rasulullah (Al-Quran) turun secara bertahap dalam rentang waktu kurang lebih 23 tahun. Selama itu Al-Qur’an telah menyinari umat manusia dan memberi bimbingan ke jalan hidup yang benar. Kondisi masyarakat pun berubah total. Sejarawan Barat menyebut bangsa ini sebagai masyarakat terbaik yang tercatat dalam sejarah.

Rangkaian wahyu yang turun pertama-tama membawa konsep yang mendasar tentang tuhan, manusia, alam semesta, kehidupan dunia, penciptaan, kebahagiaan, kebenaran, ilmu, hari akhir, dan lain-lain. Rasulullah memulai perubahan dengan merombak cara pandang, pola pikir terhadap konsep-konsep tersebut.

Foto 5

Pesan Cinta Nabi

Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mu'min.” QS At-Taubah : 128.

Sore itu, …setelah Ashar hari Jum’at di Arafah pada Haji Wada’

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu

Pesan Terakhir Nabi Pagi itu …12 Rabiul Awal 11 H

Badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tak bergerak lagi. Bibirnya bergetar seakan hendak membisikkan sesuatu, Ali segera mendekatkan telinganya.

"Uushiikum bis shalati, wa maa malakat aimanukum. Peliharalah shalat dan santuni orang-orang lemah di antaramu"

Di luar pintu tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan. Fatimah menutupkan tangan di wajahnya, dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.

"Ummatii, ummatii, ummatii. Umatku,umatku, umatku!"

Add comment


Security code
Refresh

pengumuman

Aplikasi Pendukung

       pengaduan        simari        komdanas 

       dirput        sikep        abs

       lpse        jdih        perpustakaan

  • PTSP
  • E-Court & Gugatan Sederhana
 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ponorogo

Jl. Ir. H. Juanda No. 25 Ponorogo
Kode Pos : 63418

Telp: 0352 - 481133
Fax: 0352 - 481133

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi